Selasa, 09 Maret 2010

HDMI 1.4a Kini Sudah Di Resmikan


Format video 3D semakin bertambah kecepatannya dari waktu ke waktu. Salah satu perkembangan terbaru dalam bidang ini adalah pengenalan resmi spesifikasi dari HDMI 1.4a, yang mana menambahkan serangkaian format 3D yang interoperabilitas kontennya bertujuan untuk meningkatkan teknologi 3D pada HDMI.

HDMI 1.4a baru saja dirilis oleh HDMI Licensing LLC, sebuah instansi yang bertanggung jawab untuk mengatur lisensi High-Definition Multimedia Interface (HDMI). Spesifikasi yang ada ini dikembangkan oleh Hitachi, Panasonic, Sony dan Toshiba secara bersama-sama.

Dengan standar baru ini, persyaratan pasar untuk menyiarkan konten 3D ke rumah-rumah akan lebih mudah bagi semua perangkat yang didesain untuk menerima tayangan 3D melalui koneksi HDMI. Sekarang ada tingkatan baru interoperabilitasnya melalui penambahan format 3D utama seperti sebagai Frame Packing, Side-by-Side Horizontal dan Top-and-Bottom.

Spesifikasi juga menentukan kondisi-kondisi yang berkaitan dengan tampilan baru produk yang mana harus mematuhi persyaratan agar bisa kompatibel dengan spesifikasi HDMI 1.4a. Perangkat penerima siaran harus mendukung semua format wajib HDMI, sedangkan perangkat sumber harus mendukung setidaknya satu format wajib HDMI. Selanjutnya, repeater harus mampu melewati semua format wajib yang sudah ditentukan.

“Kami menerbitkan perangkat tambahan terbaru ini untuk mendukung kebutuhan pasar untuk menyiarkan konten 3D,” jelas Steve Venuti, presiden HDMI Licensing, LLC. “Ketika kami meluncurkan versi 1.4 pada bulan Juni 2009, kami menunda pemilihan format wajib 3D untuk konten siaran hingga arah pasar yang lebih jelas. Pasar telah berbicara dan HDMI Consortium telah mendengarkan dan menanggapi untuk mengakomodasi kebutuhan pasar tersebut.”

Kini spesifikasi HDMI 1.4a telah tersedia untuk di-download umum di situs resminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar